JRMEDIA.ID — Netflix pada Rabu (3/9/2025) mengumumkan bahwa film animasi KPop Demon Hunters telah menjadi konten yang paling banyak ditonton di platform streaming miliknya, menggeser serial orisinal Squid Game dari peringkat teratas.
Menurut siaran Kantor Berita Yonhap pada Rabu (3/9/2025), film animasi Amerika Serikat itu mengumpulkan total 266 juta jumlah penayangan, menjadikannya sebagai konten yang paling banyak ditonton di Netflix dalam kategori film maupun televisi.
Angka penayangan film animasi aksi-petualangan yang berpusat pada grup K-pop fiksi bernama Huntr/x tersebut melampaui musim pertama serial Squid Game dari Korea Selatan yang menjadi fenomena global dan serial populer Wednesday dari Amerika Serikat dalam hal jumlah akumulatif penonton.
Dua pekan lalu KPop Demon Hunters masih menempati peringkat ketiga dalam daftar konten Netflix yang paling banyak ditonton, berada di belakang Squid Game musim pertama (265,2 juta penayangan) dan Wednesday (252,1 juta penayangan).
Namun, angka penayangan KPop Demon Hunters kemudian meningkat sehingga menandai sebuah tonggak sejarah karena memecahkan rekor jumlah penayangan yang sebelumnya dipegang oleh judul-judul konten yang dirilis semasa pandemi Covid-19, ketika layanan streaming daring sedang berada di puncak.
Dalam kategori film, KPop Demon Hunters menjadi film yang paling banyak ditonton sepanjang masa di Netflix, mengalahkan film aksi tahun 2021 yakni Red Notice yang dibintangi oleh Dwayne Johnson dan Ryan Reynolds.
Netflix menghitung peringkatnya berdasarkan jumlah akumulatif penonton selama 91 hari pertama penayangan sebuah judul.
KPop Demon Hunters yang dirilis 20 Juni 2025, masih memiliki sisa waktu dua pekan dalam periode tersebut, dan diperkirakan bisa tetap bertahan di posisi teratas.
Film animasi ini menceritakan bagaimana grup Huntr/x menggunakan musik mereka untuk melawan roh jahat. Selain filmnya, lagu-lagu latar KPop Demon Hunters juga menjadi populer dan masuk dalam tangga lagu Billboard.
Lagu “Golden” salah satu lagu soundtrack film tersebut, meraih sukses komersial dan memuncaki tangga lagu single utama Billboard Hot 100 selama tiga pekan.
Popularitas lagu-lagu soundtrack film animasi itu telah mendorong pemutaran KPop Demon Hunters versi sing-along di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada 23 Agustus sampai 24 Agustus 2025. Versi menyanyi bersama KPop Demon Hunters kemudian dirilis pula di platform Netflix.
(ant/end)
Komentar