Yamaha NMAX Turbo vs News Honda PCX 160. (Foto: Istimewa)
JAKARTA — Pasar skuter matik premium di Indonesia semakin kompetitif dengan hadirnya dua model unggulan: New Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX Turbo. Kedua skuter ini menawarkan berbagai fitur canggih dan performa yang mumpuni.
New Honda PCX 160 diproduksi pada tahun 2024. PT Astra Honda Motor (AHM) merilis skutik premium ini pada 6 Desember 2024.
New Honda PCX 160 memiliki desain mewah dan fitur canggih. Motor ini cocok untuk berkendara di perkotaan maupun jarak jauh.
Beberapa fitur New Honda PCX 160: desain mewah, teknologi terbaru, kapasitas mesin 160 CC, dan konsumsi bahan bakar 42,2 km/liter.
Adapun Yamaha NMAX Turbo dirilis pada 12 Juni 2024. Motor ini merupakan generasi ketiga dari Yamaha NMAX yang pertama kali dirilis pada tahun 2015.
Yamaha NMAX Turbo merupakan skutik premium yang diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor ini memiliki mesin 155 cc dengan transmisi Variable Kecepatan (CVT). Konsumsi BBM Yamaha NMAX Turbo berkisar antara 37,7 km/liter hingga 45 km/liter.
Tentu dua motor gambot pabrikan asal Jepang itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu dipertimbangkan sebelum pembeli memutuskan pilihan untuk meminangnya.
Desain dan Dimensi
New Honda PCX 160 memiliki dimensi panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.123 mm, dengan bobot sekitar 133 kg. Desainnya elegan dengan garis-garis halus yang memberikan kesan mewah.
Sementara, Yamaha NMAX Turbo berukuran panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm, dengan bobot mencapai 135 kg. Desain NMAX Turbo lebih sporty dan agresif, cocok bagi pengendara yang menyukai tampilan dinamis.
Performa Mesin
Honda PCX 160 dibekali mesin 156,9 cc satu silinder dengan teknologi eSP+, menghasilkan tenaga maksimal 15,8 TK pada 8.500 RPM dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 RPM. Di sisi lain, Yamaha NMAX Turbo mengusung mesin 155,09 cc satu silinder dengan teknologi Blue Core, menghasilkan tenaga 15,1 TK pada 8.000 RPM dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 RPM. Secara angka, PCX 160 memiliki sedikit keunggulan dalam hal tenaga dan torsi.
Fitur dan Teknologi
Honda PCX 160 menawarkan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi sebagai traction control untuk mencegah selip roda belakang. Selain itu, kapasitas bagasinya lebih luas, memberikan ruang penyimpanan ekstra bagi pengendara. Namun, PCX 160 belum dilengkapi dengan konektivitas smartphone.
Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan fitur konektivitas smartphone melalui aplikasi Y-Connect, memungkinkan pengendara memantau berbagai informasi kendaraan secara real-time. Namun, kapasitas bagasinya lebih kecil dibandingkan PCX 160 yang bisa menjadi pertimbangan bagi yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih.
Kenyamanan dan Ergonomi
Kedua skuter ini menawarkan posisi berkendara yang nyaman dengan jok yang lebar dan empuk. Namun, dengan bobot yang lebih ringan, PCX 160 mungkin lebih mudah dikendalikan, terutama di lalu lintas perkotaan yang padat. Di sisi lain, NMAX Turbo dengan desain yang lebih tinggi memberikan pandangan yang lebih luas bagi pengendara.
Banderol Harga
Harga Honda PCX 160 berkisar antara Rp 32,67 juta, sementara Yamaha NMAX Turbo dihargai sekitar Rp 32,7 juta. Perbedaan harga yang tipis ini membuat kedua skuter bersaing ketat di segmen yang sama.
New Honda PCX 160 maupun Yamaha NMAX Turbo masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. PCX 160 unggul dalam hal tenaga mesin, kapasitas bagasi, dan fitur HSTC, namun belum memiliki konektivitas smartphone. Sebaliknya, NMAX Turbo menawarkan desain sporty, fitur konektivitas canggih, namun dengan kapasitas bagasi yang lebih kecil.
Pilihan terbaik tentu tergantung pada preferensi dan kebutuhan sang pengendara.
(end)
Disclaimer: Artikel ini didukung oleh AI berdasarkan data yang ada. Gunakan sebagai referensi awal dan selalu pastikan untuk memverifikasi informasi lebih lanjut sebelum mengambil keputusan.
Komentar