Otomotif
Beranda » Berita » Kehadiran Marc Marquez Dipercaya Bisa Dongkrak Penjualan Motor Ducati, Ini Alasannya

Kehadiran Marc Marquez Dipercaya Bisa Dongkrak Penjualan Motor Ducati, Ini Alasannya

Marc Marquez dengan seragam dan motor barunya bersama tim Ducati Lenovo untuk MotoGP musim 2025. (Foto: Instragram/@ducaticorse)

JAKARTA — Setelah Valentino Rossi pensiun, Marc Marquez saat ini menjadi satu-satunya ikon legenda di MotoGP yang masih mengaspal. Pembalap dengan delapan gelar juara Grand Prix tersebut merupakan wajah MotoGP saat ini. Karena itu, siapapun tim yang memiliki Marquez saat ini, tentu akan sangat beruntung.

Sebagai salah satu pebalap MotoGP paling terkenal saat ini, Marquez dikenal karena bakat luar biasa dan keahliannya dalam mengendalikan motor. Kedatangannya ke tim Ducati dipercaya tidak hanya berpengaruh dalam lintasan balap, tapi juga memberikan dampak signifikan dari segi bisnis.

Ducati tentu saja masih menjadi tim yang kuat dengan pembalap top sebelum kehadiran Marquez. Akan tetapi, The Baby Alien, julukan Marquez, dipercaya datang dengan kapasitas lain.

Direktur Olahraga Ducati Mauro Grassilli mengungkap dampak ekonomi dari kehadiran Marc Marquez di timnya. Menurut Grassilli, Marquez memudahkan tugas Ducati dari segi pemasaran di luar lintasan.

Toyota SUV bZX3 Resmi Diluncurkan, Harga Dibanderol Mulai dari Rp 246 Jutaan

“Kami sangat puas dari sudut pandang komunikasi. Bukannya kami tidak punya sebelumnya, tapi saya pikir dengan Marc, kami bisa menjangkau audiens yang sebelumnya mungkin sulit dijangkau. Jadi, dia juga membantu kita dari sudut pandang itu,” ujar Grassilli kepada GPOne, Selasa (11/2/2025).

Sebelum kedatangan Marquez di tim pabrikan, Ducati sebelumnya sudah cukup dikenal dengan prestasi pembalap utamanya, Francesco Bagnaia, yang mengantongi gelar MotoGP dua tahun berturut-turut (2022-2023). Namun level Bagnaia dianggap belum sampai puncaknya layaknya Marquez.

Pada musim 2025, tim pabrikan Ducati akan kembali bermitra dengan Lenovo. Merek komputer dan laptop tersebut juga sengaja digaet Ducati untuk memperluas audiens.

CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto, menyatakan hal senada, yakni bakal ada keuntungan yang diraih Ducati usai merekrut Marquez.

“Marc Marquez adalah juara dunia delapan kali, tanpa motor yang baik. Ducati memiliki motor yang baik, tanpa juara dunia delapan kali. Jadi seperti ayam dan telur, sama-sama membutuhkan. Punya motor bagus, juga butuh pembalap bagus,” kata Jimmy, dikutip dari Kompas, Jumat (7/2/2025).

Motor Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid Resmi Diluncurkan, Apa Bedanya dengan Model Sebelumnya?

Dengan memenangkan delapan gelar juara dunia dan statusnya sebagai pebalap yang selalu menjadi sorotan, Marquez sudah memiliki pengikut setia yang luas.

Ducati, yang sudah dikenal dengan motor performa tinggi dan desain ikonik, bisa mendapatkan keuntungan dari kedekatannya dengan Marquez dalam hal branding. Kehadiran Marquez dapat memberikan dorongan signifikan bagi citra Ducati, menjadikannya semakin dikenal di kalangan penggemar motorsport dan masyarakat umum. Ducati memiliki peluang untuk menarik lebih banyak perhatian media dan meningkatkan visibilitas mereknya secara global, yang dapat langsung berdampak pada penjualan sepeda motornya.

“Menurut saya muncul benefit antara Marquez dan Ducati. Pada ujungnya pasti ke sana semua, bisnis. Daya beli itu salah satu faktor dari pengaruhnya sendiri,” kata Jimmy.

Sementara itu, Jimmy berujar bahwa Indonesia menjadi pasar yang penting bagi Ducati. Oleh sebab itu, Ducati akan selalu memprioritaskan permintaan dari konsumen Tanah Air.

(kmp/end)

Tren Penjualan Mobil Bekas di Tahun 2025 Naik, Kok Bisa?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
× (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});