Backlink

Pengertian Backlink dan Kegunaannya

JEJARING MEDIA — Backlink adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web atau website lain, biasanya digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta kontennya. Link ini mirip dengan hyperlink, namun bisa membantu memaksimalkan SEO website dan bukan sekadar menautkan resource.

Agar website bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian, backlink adalah strategi yang harus dipertimbangkan. Nantinya website atau blog Anda pun berpeluang tinggi untuk jadi yang pertama diklik sehingga keuntungan pun akan meningkat.

Bisa dibilang manfaat backlink begitu besar bagi para pemilik web, blogger, dan entrepreneur. Ini karena backlink bisa membantu website lebih dikenal oleh audiens, memiliki otoritasniche, dan memopulerkan produk atau jasa di internet.

Pada umumnya, fungsi backlink adalah untuk mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain atas produk, layanan, dan topik tertentu. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi yang mengelola website untuk mendapatkan penghasilan.

Apabila ada banyak backlink yang diletakkan dan diterima dari si pemilik web dari website lain, maka mesin pencari pun akan lebih memprioritaskan untuk mendapatkan ranking tinggi.

Mesin pencari seperti Google menganggap bahwa website atau konten yang banyak dirujuk melalui backlink adalah sumber yang kredibel dan bisa dipercaya sehingga akan lebih cepat muncul di halaman pertama SERP untuk istilah pencarian terkait.

Jika sudah mendapatkan ranking tinggi, traffic organik dan page authority (nilai DA dan PA) website di internet akan turut meningkat, memperkuat reputasinya sebagai referensi yang paling cocok untuk topik tertentu.

Tim periklanan atau pemasaran juga bisa mulai membuat campaign penjualan produk, atau bekerja sama untuk menaruh banner iklan bersponsor di website yang berhasil meraih posisi tinggi di SERP.

Nah, dengan prinsip ini, harus selalu diingat bahwa backlink internal maupun eksternal merupakan hal yang cukup krusial bagi sebuah website. Selain itu, pemilik atau pengelola web harus tahu cara mendapatkan backlink berkualitas, bukan sekadar kuantitas.

Banyak sekali peluang bisnis yang bisa didapatkan apabila mampu mencapai posisi pertama di Google. Tentu saja ini adalah hal yang diidam-idamkankan oleh hampir semua pemilik website.

Posisi yang tinggi di Google menandakan bahwa website atau konten di situ memiliki kualitas dan relevansi yang bagus sehingga user lain mereferensikannya di websitenya, atau membagikannya ke media sosial dengan mengarahkan backlink langsung ke domain tersebut.

Saat orang-orang mencari topik tertentu di Google, website itu pun akan menjadi salah satu acuan utama berkat kesesuaiannya dengan topik yang dicari, bahkan bisa ditampilkan sebagai artikel rekomendasi.

Apabila ada banyak orang yang membagikan dan mereferensikan konten itu, artinya mereka merasa terbantu dengannya. Nah, di sinilah backlink bisa sangat berpengaruh pada SEO, yaitu sebagai salah satu faktor penentu peringkat website.

Jumlah backlink yang masuk ke website dari domain lain adalah indikator yang dilihat oleh search engine sebagai bukti kredibilitas website. Makin banyak domain lain yang menambahkan backlink ke website itu, maka makin cepat juga rankingnya naik ke puncak.

Jenis-Jenis Backlink

Selain kategori internal dan external, backlink juga dibagi menjadi beberapa kategori menurut karakteristik khususnya. Penting untuk memahami setiap jenis ini agar Anda bisa menentukan fokus dan mendapatkan backlink secara efektif.

  • Juice Link

Juice link adalah jenis backlink yang paling dasar dan umum. Jenis link ini bisa mengarahkan pengunjung dari website lain ke website atau blog Anda sehingga bisa membantu meningkatkan traffic.

Seperti yang diketahui, makin tinggi traffic berarti makin bagus juga ranking website di SERP. Mesin pencari tahu bahwa website itu punya konten yang akan menarik banyak pengunjung. Inilah yang disebut dengan domain authority (DA) atau otoritas domain.

Ketika mencapai posisi pertama di Google, otomatis website itu akan menjadi referensi utama di nichenya. Berbagai halaman website lain pun akan menjadikannya sebagai contoh, bahkan oleh kompetitor.

  • Link No-Follow

Link No-Follow adalah jenis backlink yang memberikan otoritas dan relevansi secara terbatas. Artinya, meskipun website itu direferensikan oleh website lain, tag “nofollow” yang diletakkan dalam skrip akan menghalangi fungsi penuh link tersebut.

Tag “nofollow” biasanya digunakan oleh website yang punya otoritas tinggi. Mereka menerapkannya untuk backlink yang berasal website kurang berkualitas agar website tersebut tidak ikut mendapatkan otoritas dan muncul di SERP.

Cara ini juga bisa mencegah link yang tidak bermanfaat dari sumber-sumber yang tidak jelas di internet. Link seperti ini sering digunakan oleh website milik pemerintah (badan umum) dan sekolah (institusi pendidikan).

Link No-Follow juga sering digunakan untuk kolom komentar blog agar tidak ada pesan-pesan yang mengganggu, tanpa konteks, atau spam dari pengunjung yang memiliki niat buruk untuk mereferensikan website mereka secara gratis.

  • Link Do-Follow

Link Do-Follow adalah link yang sebaiknya difokuskan dalam strategi mendapatkan backlink berkualitas. Backlink ini merupakan kebalikan dari No-Follow dan benar-benar menautkan satu domain dengan yang lainnya.

Artinya, link yang ditaruh di website yang memiliki tag “follow” pada skrip halamannya akan ‘mengalirkan’ otoritas dan relevansi website tersebut ke halaman yang dirujuk.

Backlink jenis inilah yang digunakan oleh search engine untuk mengidentifikasi otoritas sebuah website. Semakin banyak link Do-Follow yang diterima website, akan semakin naik juga posisinya seiring waktu.

Link Do-Follow umum digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri serupa atau saling berkaitan. Jenis backlink ini bisa menjadi strategi yang baik untuk saling memperkenalkan bisnis ke pelanggan masing-masing, serta bertukar backlink untuk memperkuat otoritas dan relevansi di Google.

(Sumber: hostinger)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *